Konsep
Program Casino Slot Machine
1. Deskripsi
Program yang kami
buat ini adalah program game casino yang dimainkan dengan cara menyamakan
gambar atau angka minimal 2 bentuk/gambar untuk memperoleh uang yang telah
dipertaruhkan sebelum memulai permainan
2. Tujuan dan
Manfaat
Tujuan dari program
ini adalah untuk memberikan hiburan kepada penggunanya atau untuk refreshing
dari segala kesibukannya
3. Sasaran
Sasaran dari program ini adalah
untuk orang – orang yang selalu berkutat dengan kesibukannya agar dia bisa
refreshing atau sejenak bisa melupakan kesibukannya. Tapi program ini tidak
dianjurkan untuk dimainkan anak – anak.
Langkah awal adalah buka dahulu
Visual Basic 2010 :
Form1 :
Komponen
Toolbox yang digunakan sebagai berikut :
No.
|
Komponen
|
Properties
|
Keterangan
|
1
|
Form1
|
Name
|
Form1
|
Text
|
Slot Machine
|
||
Display
|
CentertoScreen
|
||
2
|
Label1
|
Name
|
Label1
|
Text
|
Welcome
|
||
TextAlign
|
TopCenter
|
||
Font
|
Monotype
Corsiva, 22 pt
|
||
3
|
Button1
|
Name
|
Button1
|
Text
|
Number
|
||
4
|
Button2
|
Name
|
Button2
|
Text
|
Picture
|
||
5
|
Button3
|
Name
|
Button1
|
Text
|
Exit
|
Listingnya
:
Public Class Form1
Private Sub
Button2_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Button2.Click
Form2.Show()
Me.Hide()
End Sub
(Sub ini akan menampilkan form 2
(casino gambar) dengan mengklik button2 dan menyembunyikan form 1 jika button2
diklik)
Private Sub
Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Button1.Click
Form3.Show()
Me.Hide()
End Sub
(Sub ini akan menampilkan form 3
(casino angka) dengan mengklik button1 dan menyembunyikan form 1 jika button1
diklik)
Private Sub
Button3_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Button3.Click
MsgBox("Thanks
you, see you...", 0, "bye")
Close()
End Sub
(sub ini berisi jika kita mengklik
button3(exit) maka akan keluar messagebox dan program aplikasi ini akan
tertutup)
Private Sub
Form1_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
MyBase.Load
Me.CenterToScreen()
End Sub
End Class
(Sub ini berisikan untuk mengatur layout
dari aplikasi kita. Sehingga menyebabkan tampilan aplikasi kita menjadi di
tengah layar yang tampil)
Form2 :
Komponen
Toolbox yang digunakan sebagai berikut :
No.
|
Komponen
|
Properties
|
Keterangan
|
1
|
Form2
|
Name
|
Form2
|
Text
|
Picture Slot Machine
|
||
Display
|
CentertoScreen
|
||
2
|
Label1
|
Name
|
Label1
|
Text
|
Money
|
||
Font
|
Monotype
Corsiva, 20 pt
|
||
3
|
Label2
|
Name
|
Label2
|
Text
|
Bet
|
||
Font
|
Monotype
Corsiva, 20 pt
|
||
4
|
Textbox1
|
Name
|
Textbox1
|
Text
|
|
||
TextAlign
|
Left
|
||
Font
|
Microsoft
sans Serif,8 pt
|
||
5
|
Textbox2
|
Name
|
Textbox2
|
Text
|
|
||
TextAlign
|
Left
|
||
Font
|
Microsoft
sans Serif,8 pt
|
||
6
|
Picturebox1
|
Name
|
Picturebox1
|
7
|
Picturebox2
|
Name
|
Picturebox2
|
8
|
Picturebox3
|
Name
|
Picturebox3
|
9
|
Picturebox4
|
Name
|
Picturebox4
|
10
|
Picturebox5
|
Name
|
Picturebox5
|
11
|
Picturebox6
|
Name
|
Picturebox6
|
12
|
Timer1
|
Name
|
Timer1
|
|
|
Interval
|
100
|
13
|
ImageList1
|
Name
|
ImageList
|
|
|
ColorDepth
|
Depth32Bit
|
Listingnya
:
Public Class Form2
Dim counter, x1, x2, x3 As Integer
(Deklarasi x1,x2,x3 sebagai integer)
Private Sub
Timer1_Tick(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Timer1.Tick
If
counter < 1000 Then
x1 = Int(1 + Rnd() * 4)
x2 = Int(1 + Rnd() * 4)
x3 = Int(1 + Rnd() * 4)
Select
Case x1
Case
1
PictureBox1.Image =
ImageList1.Images.Item(0)
Case 2
PictureBox1.Image =
ImageList1.Images.Item(1)
Case
3
PictureBox1.Image =
ImageList1.Images.Item(2)
Case
4
PictureBox1.Image =
ImageList1.Images.Item(3)
End
Select
Select
Case x2
Case
1
PictureBox2.Image =
ImageList1.Images.Item(0)
Case
2
PictureBox2.Image =
ImageList1.Images.Item(1)
Case
3
PictureBox2.Image
= ImageList1.Images.Item(2)
Case
4
PictureBox2.Image =
ImageList1.Images.Item(3)
End
Select
Select
Case x3
Case
1
PictureBox3.Image =
ImageList1.Images.Item(0)
Case
2
PictureBox3.Image =
ImageList1.Images.Item(1)
Case
3
PictureBox3.Image =
ImageList1.Images.Item(2)
Case 4
PictureBox3.Image =
ImageList1.Images.Item(3)
End
Select
End If
End Sub
(Sub ini berisikan untuk mengacak,
merandom, atau untuk memindah-mindahkan gambar yang berada pada imagelist yang
sebelumnya telah diisikan. Dan putarannya dibatasi hanya sampai 1000, jika
melebihi itu maka putaran akan berhenti dengan sendirinya.)
Private Sub
PictureBox4_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
PictureBox4.Click
If TextBox2.Text
= "" Then
MsgBox("Input
this dialog box", 0, "Warning")
ElseIf
Val(TextBox2.Text) < "100" Then
MsgBox("The
lower bet is 100")
TextBox2.Text = "100"
ElseIf
TextBox1.Text = "" Then
MsgBox("Input
your money", 0, "warning")
ElseIf
Val(TextBox1.Text) <= 0 Then
MsgBox("Games
Over", 0, "Over")
ElseIf
Val(TextBox2.Text) > Val(TextBox1.Text) Then
MsgBox("Your
money is not enough to play again", 0, "Sorry")
TextBox2.Text = "0"
Else
Timer1.Enabled = True
End If
End Sub
(Sub ini berisikan tentang
ketentuan-ketentuan untuk memainkan permainan, yaitu dengan mengisi uang dan
taruhan. Jadi untuk memulai permainan kita diharuskan untuk mengisikan uang dan
taruhan. Dan uang taruhan tidak bias lebih kecil dari 100, menginputkan uang
dengan angka 0 tidak bias. Dan jika uang telah 0 maka muncul messagebox dan
permainan berakhir. Dan apabila menginputkan taruhan melebihi uang yang
dimiliki maka permainan tidak bias dilanjutkan. Jika semua kondisi telah
terpenuhi maka timer akan berjalan untuk mengacak.)
Private Sub
PictureBox5_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
PictureBox5.Click
Timer1.Enabled = False
If x1 =
x2 Or x2 = x3 Then
MsgBox("Bingooo",
0, "Congratz")
TextBox1.Text = Val(TextBox1.Text)
+ Val(TextBox2.Text)
Else :
MsgBox("Sorry.....", 0, "Upzzz")
TextBox1.Text = Val(TextBox1.Text) -
Val(TextBox2.Text)
End If
End Sub
(Sub ini berfungsi untuk
memberhentikan putaran, dan jika gambar pada picturebox1(x1)=picturebox2(x2)
atau picturebox2(x2)=picturebox3(x3) maka akan muncul messagebox “bingooo” dan
uang anda akan bertambah sesuai dengan taruhan yang dimasukkan. Sebaliknya jika
tidak ada gambar yang sama (x1=x2 atau x2=x3) maka uang anda akan berkurang
sesuai taruhan yang dimasukkkan)
Private Sub
PictureBox6_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
PictureBox6.Click
MsgBox("Thanks
for playing", 0, "Thanks")
Form1.Show()
Me.Hide()
Me.CenterToScreen()
End Sub
(Sub ini berisikan listing yang
jika kita kita picturebox6 maka akan keluar dari permainan dan muncul
messagebox lalu kembali ke form1 dan juga menampilkan layout tampilan aplikasi
pada tengah layar)
Private Sub
Form2_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
MyBase.Load
Me.CenterToScreen()
End Sub
(Sub ini berguna untuk menampilkan
form2 berada di tengah layar yang tampil)
Private Sub
TextBox1_TextChanged(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
TextBox1.TextChanged
If Val(TextBox1.Text)
> "15000" Then
MsgBox("you
win!!!")
End If
End Sub
End Class
(Sub ini menjelaskan jika uang
yang diperoleh lebih dari 15000 maka akan muncul messagebox bahwa anda menang)
Form3 :
Komponen
Toolbox yang digunakan sebagai berikut :
No.
|
Komponen
|
Properties
|
Keterangan
|
1
|
Form3
|
Name
|
Form3
|
Text
|
Number Slot Machine
|
||
Display
|
CentertoScreen
|
||
2
|
Label1
|
Name
|
Label1
|
Text
|
0
|
||
Font
|
Microsoft
Sans Serif, 100 pt
|
||
3
|
Label2
|
Name
|
Label2
|
Text
|
0
|
||
|
|
Font
|
Microsoft
Sans Serif, 100 pt
|
4
|
Label3
|
Name
|
Label1
|
Text
|
0
|
||
Font
|
Microsoft
Sans Serif, 100 pt
|
||
7
|
Label4
|
Name
|
Label4
|
Text
|
Money
|
||
8
|
Label5
|
Name
|
Label5
|
Text
|
Bet
|
||
9
|
Button1
|
Name
|
Button1
|
Text
|
Spin
|
||
10
|
Button2
|
Name
|
Button2
|
Text
|
Stop
|
||
12
|
Button1
|
Name
|
Button1
|
Text
|
Close
|
||
13
|
Timer1
|
Name
|
Timer1
|
|
|
Interval
|
100
|
Listingnya
:
Public Class Form3
Dim counter As
Integer
Private Sub
Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Button1.Click
If
TextBox2.Text = "" Then
MsgBox("Input
your bet", 0, "warning")
ElseIf
Val(TextBox2.Text) < "100" Then
MsgBox("The
lower bet is 100")
TextBox2.Text = "100"
ElseIf
Val(TextBox1.Text) <= 0 Then
MsgBox("you
lose....", 0, "Sorry")
ElseIf
Val(TextBox2.Text) > Val(TextBox1.Text) Then
MsgBox("Your
money is not enough to play again", 0, "Sorry")
TextBox2.Text = "0"
Else
Timer1.Enabled = True
End If
Label1.Text = CStr(Int(Rnd()
* 10))
Label2.Text = CStr(Int(Rnd()
* 10))
Label3.Text = CStr(Int(Rnd()
* 10))
Timer1.Enabled = True
Label1.Text = ""
Label2.Text = ""
Label3.Text = ""
Button1.Enabled = False
Button2.Enabled = True
End Sub
(Sub ini berisikan untuk mengacak,
merandom, atau untuk memindah-mindahkan angka. Lalu sebelum memulai permainan
kita diharuskan untuk mengisikan uang dan taruhan untuk melanjutkan permainan.
Taruhan minimal adalah 100, dan uang yang diinput tidak bias 0, dan jika uang
anda 0 maka anda kalah. Jika taruhan lebih besar dari uang maka permainan tidak
bias diproses atau dilanjutkan)
Private Sub
Timer1_Tick(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Timer1.Tick
If
counter < 100 Then
Label1.Text = Int(Rnd() * 4)
Label2.Text = Int(Rnd() * 4)
Label3.Text = Int(Rnd() * 4)
End If
End Sub
(Sub ini akan menampilkan bilangan
acak 0-9. Dan putarannya dibatasi hanya sampai 1000, jika melebihi itu maka
putaran akan berhenti dengan sendirinya.)
Private Sub
Button2_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Button2.Click
Timer1.Enabled = False
If
(Label1.Text = Label2.Text) Or (Label2.Text =
Label3.Text) Or (Label1.Text = Label2.Text =
Label3.Text = "7") Then
MsgBox("Bingoooo",
0, "Congratz")
TextBox1.Text = Val(TextBox1.Text)
+ Val(TextBox2.Text)
Else :
MsgBox("Sorry.....", 0, "upzzz")
TextBox1.Text = Val(TextBox1.Text)
- Val(TextBox2.Text)
End If
Button1.Enabled = True
Button2.Enabled = False
End Sub
(Sub ini berfungsi untuk menonaktifkan
timer/menghentikan pengacakan. Dan jika label1=label2 atau label2=label3 atau label1,2,3 menampilkan angka 7 maka akan
muncul messagebox “bingooo” dan uang anda akan bertambah sesuai taruhan yang
anda inputkan. Sedangkan jika tidak ada yang sama maka uang anda akan berkurang
sesuai taruhan yang anda inputkan)
Private Sub
Form1_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
MyBase.Load
Me.CenterToScreen()
End Sub
(Sub ini berisikan untuk
menampilkan program aplikasi pada tengah layar yang ditampilkan)
Private Sub
Button3_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Button3.Click
Form1.Show()
Me.Hide()
End Sub
(Sub ini menunjukkan jika button3 diklik
maka akan muncul form1 dan form sebelumnya akan tertutup)
Private Sub
TextBox1_TextChanged(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
TextBox1.TextChanged
If
Val(TextBox1.Text) > "15000" Then
MsgBox("you
win!!!")
End If
End Sub
End Class
(Sub ini berisikan jika uang anda
sudah melebihi 15000 maka akan muncul messagebox bahwa anda menang)